Logo dan Maknanya





  1. Logo Yayasan Pendidikan Tarakanita secara keseluruhan berbentuk jantung hati dengan warna dasar biru muda dan biru tua. Pada bagian atasnya terdapat sebuah bintang berwarna kuning dengan seberkas sinar yang memancar.
  2. Jantung hati yang memiliki makna simbolik-religius ini merupakan semangat dasar (spiritualitas) dari seluruh upaya pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Tarakanita. Makna simbolik-religius jantung hati berakar dalam tradisi spiritualitas Suster-Suster Cintakasih Santo Carolus Borromeus (disingkat Tarekat CB) sebagai pendiri sekolah-sekolah Tarakanita. Pada intinya makna simbolik - religius ini menunjuk kepada semangat campassion ( bela rasa). Lnilah yang menjadi motivasi mendasar dalam pilihan dan keputusan karya Bunda Elisabeth ( Pendiri Tarekat CB), yaitu cinta compassion atau kasih yang berbela rasa.
  3. Semangat compassion yang menyinari dan meresapi seluruh proses pendidikan Tarakanita ini dilambangkan dalam bentuk bintang dengan seberkas sinar.
  4. Bintang inilah yang menuntun setiap langkah dan tindakan seluruh civitas Tarakanita. Oleh karena itu, ia dinamai “Tarakanita” (bahasa Sansekerta) yang berarti “Bintang Penuntun”.
  5. Dalam penghayatan iman Kristiani dan Spiritualitas Tarekat CB, bintang penuntun disebut juga sebagai "Bintang Samodra", yang memiliki makna simbolik-religius sebagai harapan dan perjuangan dalam keputusasaan di tengah-tengah gelombang samodra. Sebutan "Bintang Samodra'' ini dikaitkan dengan peranan Bunda Maria yang selalu membesarkan hati manusia yang putus asa dan kehilangan harapan.
  6. Warna dasar biru muda dan biru tua melambangkan kemanusiaan. Perpaduan dua warna (biru muda dan biru tua) menunjuk pada dua generasi: generasi muda dan generasi tua.
  7. Warna kuning pada bintang melambangkan aspek keilahian: kesucian dan kemuliaan.