Letak dan Keadaan Sekolah

Lingkungan Sekolah

SMP Tarakanita terletak dijantung Kotamadia Magelang tepatnya di jalan A. Yani no. 20 merupakan jalan protokol kota Magelang, beredekatan dengan pusat kegiatan ekonomi kota Magelang antara lain disebelah selatan sekolah Poliklinik Polwil, PLN dan Polresta serta deretan swalayan, sebelah barat berdiri bangunan megah BCA dan Trio Plaza, sebelah utara CPM dan Polwil, TOP Computer, sebelah timur perkampungan Samban. Kondisi letak geografis tersebut sangat menguntungkan bagi SMP Tarakanita karena sangat strategis, transportasi mudah terjangkau , keamanan terjaga karena berdekatan dengan instansi keamanan Polresta, Polwil dan CPM, akses ke pusat-pusat perbelanjaan sangat dekat. Kondisi sekolah secara umum kondusif untuk pembelajaran peserta didik.


Keadaan Gedung sekolah

Gedung sekolah menempati areal tanah seluas: 2237 m2, luas bangunan sekolah: 1207,7 m2 , luas halaman: 373,5 m2, luas lain-lain: 578,8 m2 . SMP Tarakanita menjadi satu kompleks dengan SMK Pius X. Kondisi gedung, merupakan bangunan yang monumental karena merupakan salah satu bangunan tua peninggalan pemerintahan Hindia Belanda dan saat ini oleh Pemerintah Kota melalui dinas pariwisata diakui sebagai salah satu bangunan cagar budaya Kotamadia Magelang.

Gedung sekolah berlantai dua, lantai dasar/ satu, lantai dengan keramik. Sedangkan lantai dua dari papan kayu jati. Dinding lantai satu maupun lantai dua, luar mapun dalam ruang sudah di renovasi karena sebagian besar sudah lapuk. Dua tahun yang lalu renovasi diarahkan pada penggantian atap yang semula atap dari genting tanah liat diganti dengan genting pres. Tahun 2010 bagian langit-langit koridor dan bagian barat serta selatan luar gedung lantai dua, direhap dengan dipasang plafon dan eternit sehingga dengan pembenahan gedung tersebut semakin menambah keanggunan dan kemegahan gedung SMP Tarakanita Magelang